Arsip Blog

Selasa, 26 Juni 2012

Keuntungan dan Kerugian daru Menjual atau Membeli Saham


Sebagaimana diketahui nilai saham ditentukan oleh perkembangan perusahaan. Perusahaan yang semakin berkembang dengan tingkat perolehan keuntungan yang terus meningkat akan meningkatkan nilai sahamnya.

Salah satu surat berharga yang paling banyak diperjualbelikan di pasar modal adalah saham. Namun demikian, investor saham harus jeli dan teliti serta selalu mengikuti perkembangan harga-harga saham di pasar modal.

Pada umumnya,saham memungkinkan si pemilik memperoleh keuntungan (return), malah sering terjadi dalam perekonomian yang stabil, laba yang lebih besar akan diperoleh dalam waktu yang relative singkat (high return).

Berinvestasi dimana pun tentu saja ada resikonya. Tidak terkecuali pada jual beli saham. Sebab ada kalanya harga saham itu akan merosot tajam. Keadaan seperti ini disebut capital cost sebagai kebalikan dari capital gain. Saat harga saham turun drastic dalam waktu yang sangat singkat inilah yang disebut high risk.

Pasar modal atau bursa efek yang sudah ada dan akan berdiri di berbagai kota besar di seluruh tanah air berfungsi menghimpun, mengembangkan, dan meningkatkan penggunaan modal di kota dan daerah sekitarnya. Bursa efek atau pasar modal diharapkan mampu menjadi pembangunan dan pengembangan pasar modal nasional.

Untuk itu perlu sosialisasi dan edukasi tentang pasar modal diseluruh lapisan masyarakat, termasuk didalamnya diperkenalkan, dipelajari, dan diperatikkan di kalangan siswa. Dengan demikian, pasar modal bukan hanya dimiliki oleh konglomerat, pengusaha, dan orang kaya saja tetapi menjadi bagian kehidupan dan kegiatan ekonomi rakyat pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar