Arsip Blog

Selasa, 26 Juni 2012

Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Nasional


Dilihat dari sudut individu, pengangguran menimbulkan berbagai masalah ekonomi dan social kepada yang mengalaminya. Tidak adanya pendapatan menyebabkan pengangguran harus mengurangi pengeluaran konsumsinya. Pengangguran yang berkepanjangan menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap pengangguran dan orang di sekitarnya.

Begitu pula halnya dengan keadaan suatu Negara. Beberapa tahun terakhir, kita dapat lihat PNB dan pendapatan per kapita Negara Indonesia menurun drastis. Salah satu penyebabnya adalah tingginya angka pengangguran factor produksi tenaga kerja, yaitu dengan adanya PHK dan banyaknya penutupan industry dan perusahaan berskala besar. Apabila keadaan pengangguran di suatu Negara sangat buruk, maka akan terjadi kekacauan politik dan social sehingga menimbulkan efek buruk bagi kesejahteraan masyarakat dan prospek pembangunan ekonomi jangka panjang.

Masalah pengangguran adalah masalah yang sangat buruk efeknya terhadap perekonomian dan masyarakat, dan sebab itu harus dilakukan usaha secara terus menerus untuk mengatasinya.

Menurut Paul A. Samuelson dan Wiliam D. Nurdhaous dalam bukunya Ekonomi mengemukakan cara-cara mengatasi pengangguran yaitu sebagai berikut:
1.      Memperbaiki pasar tenaga kerja
2.      Menyediakan program pelatihan
3.      Menciptakan program padat karya
Selain hal tersebut di atas, sesuai dengan GBHN 1999, pemerintah Indonesia hendaknya:
·         Mengembangkan tenaga kerja secara menyeluruh dan terpadu yang diarahkan pada peningkatan kompetensi dan kemandirian tenaga kerja peningkatan pengupahan, penjaminan kesejahteraan, perlindungan kerja dan kebebasab berserikat, dan
·         Meningkatkan kualitas dan kuantitas penempatan tenaga kerja ke luar negeri dengan memerhatikan kompetensi, perlindungan, dan pembelaan tenaga kerja yang di kelola secara terpadu dan mencegah timbulnya eksploitasi tenaga kerja.

Kebijakan perluasan kesempatan kerja adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pengangguran, yaitu:

1.      Kebijakan perluasan kesempatan kerja yang besifat umum. Usaha-usaha yang ditempuh antara lain:
©      Memberikan perlindungan yang wajar kepada produksi dalam negeri
©      Penyediaan dana kredit secara meluas dan merata bagi peningkatan kegiatan produksi padat karya
©      Menyerahkan tingkat kurs devisa yang realistis
©      Memberikan peluang untuk peningkatan ekspor
©      Pengeluaran pemerintah ditujukan untuk memperluas kesempatan kerja produktif sebanyak mungkin, misal untuk membantu UKM

2.      Kebijakan  perluasan kesempatan kerja yang bersifat sektoral
Kebijakan ini merupakan langkah-langkah pada masing-masing sector yang direncanakan dalam rangka perluasan kesempatan kerja misalnya pada sector pertanian, industry perdagangan, dan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar