Arsip Blog

Selasa, 24 April 2012

Usaha


Di zaman sekarang banyak orang yang berwirausaha, kenapa mereka berwirausaha? Karena, yang pertama lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh besar, meleputi aspek-aspek:
1.    Kondisi perekonomian, kondisi perekonomian di zaman sekarang yang semakin sulit. Indikator-indikator tersebut adalah :
©      Pendapatan dan produk Nasional (GNP, GDP, Tingkat kosumsi)
©      Investasi atau tabungan
©      Harga atau upah
2.    Perubahan teknologi. Kemajuan teknologi mempengaruhi perkembangan kegiatan perekonomian. Perkembangan teknologi, meliputi beberapa tahap :
©      Tahap teknologi baru atau inovasi
©      Tahap pengembangan
©      Tahap penggunaan teknologi
3.    Hukum, Politik, dan Peraturan pemerintah. Pengendalian pemerintah ini dapat memberikan peluang tetapi juga dapat meberikan batasan-batasan. Oleh karena itu untuk membuka usaha perlu mengamati dan memahaminya dengan baik. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :
©      Hukum local, hukum dagang, hokum internasional
©      Hak cipta, hak merek, hak dagang
4.    Budaya. Seperti :
©      Tradisi atau kepercayaan
5.    Social dan sebagainya.
      Dan karena kebutuhan dan tingkat penghasilan orang bebeda-beda. Banyak orang yang membuka wirausaha ketimabang menjadi pegawai negri, karena setiap orang berbeda-beda ada yang ingin mendapatkan penghasilan atau keuntungan langsung tanpa harus bekerja keras untuk orang lain.
            Dengan membuka usaha sendiri atau secara pribadi agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan, tujuan itu bisa tercapai dengan kerja keras, sabar, dan keuletan yang tinggi. Sebelum membuka usaha sebaiknya kita melakukan planning (rencana),apa usaha yang akan kita buat , dimana usaha kita dirikan, siapa sasaran pasar, kapan memulai usaha. Kita juga harus mengira-ngira berapa budget yang harus dikeluarkan menjadi modal awal usaha. Para konsumen biasanya mencari harga yang murah tetapi berkualitas, harga mempengaruhi perilaku konsumsi para konsumen, harga rendah atau murah dapat meningkatkan konsumen. Tujuan menentukan harga untuk mendapat keuntungan atau hanya sekedar menutup biaya awal.
            Strategi harga berorientasi kepada biaya, akan mendasarkan pada perhitungan biaya-biaya  dan menentukan keutungan yang diinginkan untuk dapat menetapkan harga. Strategi harga juga dapat berorientasi kepada permintaan, berdasarkan kondisi permintaan. Harga yang ditetapkan sesuai dengan tingkat permintaan. Sehingga kita dapat memahami sampai dimana permintaan terhadap barang atau jasa. Penentuan harga terbatasi oleh permintaan dan biaya. Posisi atau tingkat harga akan bergerak fluktuasi dalam ruang persaingan mengikuti pesaing yang lebih besar.
            Konsumen memandang harga adalah sebagai niali barang yang mampu memberikan manfaat atas pemenuhan kebutuhannya dan keiinginannya. Bagi orang yang ingin melakukan usaha, penetapan harga itu sangat penting. Oleh karena itu pertimbangan dalam harga perlu di perhitungkan dengan cermat dan hati-hati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar