Arsip Blog

Kamis, 13 Oktober 2011

TUJUAN dan NILAI KOPERASI


Prof William F. Glueck (1984), pakar manajemen termuka dari Universitas Gerogia dalam bukunya strategy Manajemen And Bussines Policy, 2nd ed, mendefinisikan tujuan perusahaan sebagai hasil terakhir yang dicari organisasi melalui eksistensi dan operasinya .

Selanjutnya, Glueck menjelaskan 4 alasan mengapa perusahaan harus mempunyai tujuan, yaitu :
  • Tujuan membantu mendefinisikan organisasi dalam lingkungannya
  • Tujuan membantu mengkoordinasi keputusan dan pengambilan keputusan
  • Tujuan menyediakan norma untuk menilai pelaksanaan prestasi organisasi
  •  Tujuan merupakan sasaran yang lebih nyata daripada pernyataan misi
Dalam merumuskan tujuan perusahaan, perlu diperhatikan keseimbangan kepentingan dari berbagai pihak yang terlibat dalam perusahaan, tujuan perusahaan tidak terbatas pada pemenuhan kepentingan manajemen seperti memaksimumkan keuntungan ataupun efisiensi, tetapi juga harus mempertimbangkan kepentingan pemilik, modal, pekerja, konsumen, pemasok (suppliers), lingkungan masyarakat, dan pemerintah.
Dalam banyak kasus perusahaan bisnis tujuan umumnya dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu :
               1. Memaksimumkan keuntungan (Maximize Profit)
              2. Memaksimumkan nilai perusahaan (Maximize The Value Of The Firm) Prof William F. Glueck (1984), pakar manajemen terkemuka dari Universitas Gerogia dalam bukunya strategy Manajemen And Bussines Policy, 2nd ed, mendefinisikan tujuan perusahaan sebagai hasil terakhir yang dicari organisasi melalui ekstensi dan operasinya .
               3. Memaksimumkan biaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar