Arsip Blog

Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2

Soal
1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi ?
2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga social ? Jelaskan !
3. Apa saja factor-faktor yang mempengaruhi tempat dan perusahaan ?
4. Tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalaam dunia usaha ! Jelaskan berikut contohnya !!
Jawab
1. Yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi ,yaitu : - Selera masyarakat : Karena keinginan masyarakat yang terus bertambah ,baik itu kebutuhan jasmani maupun rohani .Tingkat kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda dan tingkat pendapatan yang berbeda-beda .
- Sumber daya : Karena sumber daya yang terbatas .Dimana jumlah alat pemuas kebutuhan manusia terbatas tetapi permintaan manusia akan alat pemuas kebutuhan sangat tinggi .
- Cara berproduksi : Karena para pelaku usaha berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu produksi baik melalui sarana ,prasarana yang mendukung bahkan fasilitas teknologi .sehingga dapat menarik perhatian para konsumen untuk membeli hasil produksi yang ditawarkan .
2. Organisasi perusahaan adalah organisasi yang bertujuan mengoptimalkan pendapatan atau laba dengan mengolah bahan baku atau sumber daya alam yang ada,jadi sumber pendapatannya berdasarkan tingkat keuntungan dari hasil penjualan produknya .Sedangkan Organisasi sosial adalah organisasi dalam bentuk kesadaran sosial yang dibentuk dan bertujuan untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana organisasi sosial mendapatkan pemasukan atau modal yang berasal dari sumbangan, hibah, atau subsidi dari pemerintah dan dermawan yang menjadi sumber pendapatannya.
3. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan :
• Dekat dengan bahan baku
• Dekat dengan pasar
• Dekat dengan pemasok tenaga kerja
• Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
• Iklim
• Ongkos trnsport
• Besarnya suplai modal
• Tempat yang strategis .
4. Perbedaan lingkungan eksternal mikro dan makro adalah :
Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemenn dan stabilitas system ekonomi di wilayah dimana organisasi itu berada sedangkan lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung .
Contoh :
ekonomi makro, beberapa agenda, faktor, atau lingkungan strategis yang perlu dicermati .Sebagai contoh, biaya pemasaran (transpor, administrasi) untuk 'Daya saing komoditas minyak sawit di Indonesia’
ekonomi mikro .Sebagai contoh, di pertengahan tahun 1980-an sewaktu Indonesia mencapai terjadi krisis ekonomi, konsumsi makanan per kapita di Indonesia meningkat mikro yang stabil. Hal ini berdampak pada pembayaran kredit yang buruk .



Oleh ,

CITRA RANTIKA PUTRI
NPM : 21210617

Tidak ada komentar:

Posting Komentar