Sebelumnya saya telah memposting tulisan tentang
pengangguran. Namun hal tersebut masuih tampak umum karena masih perlu dibahas
lebih secara rinci lagi. Strategi pembangunan tenaga kerja harus didasari pada
2 hal, yaitu permasalahan ketenagakerjaan secara structural dan dampak krisis
moneter. Strategi tersebut bersifat penyelamatan, rehabilitasi dan
pengembangan.
Strategi Penyelamatan
|
Strategi Rehabilitasi dan
Pengembangan
|
Memperluas kesempatan kerja produktif di dalam negeri melalui program
Jaring Pengaman Sosial (JPS), padat proyek, padat karya
|
Perencanaan tenaga
kerja nasional
|
Memasrkan tenaga kerja korban PHK ke luar negeri
|
Sistem informasi pasar kerja
|
Mengembangkan institusi informasi pasar kerja
|
Pemberdayaan
pelatihan
|
Pemasyarakatan produktivitas
|
|
Bursa tenaga kerja
terpadu
|
|
Penempatan tenaga kerja ke luar
negeri
|
|
Perlindungan dan
peningkatan kesejahteraan pekerja
|
|
Hubungan industrial dalam iklim
keterbukaan
|
|
Peningkatan kualitas
SDM dan organisasi departemen tenaga kerja
|
Upaya Peningkatan Kualitas kerja
Kualitas kerja merupakn tuntutan bagi setiap
organisasi ataupun perusahaan karena kualitas kerja memengaruhi produktivitas.
Hal ini akan berpengaruh terhadap hasil dan pengembangan bahkan terhadap kelangsungan
hidup suatu organisasi/ perusahaan.
Biasanya para karyawan/ tenaga kerja baru jarang
secara tepat memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan
organisasi atau perusahaan. Mereka harus dilatih agar dapat melaksanakan
pekerjaan dengan efektif walaupun sebagian diantaranya ada yang telah mempunyai
kecakapan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan.
Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian
dalam upaya peningkatan kualitas kerja.
a.
Desain Pekerjaan dan Informasi
Analisis Pekerjaan
Desain
pekerjaan menurut T. Hani Handoko adalah fungsi penetapan
kegiatan-kegiatan kerja seorang individu atau kelompok karyawan secara
organisasional.
Tujuan desain pekerjaan adalah untuk mengatur
penugasan-penugasan kerja, hal ini tercemin pada kepuasan individu para
pemegang jabatan.
b.
Perencanaan Sumber Daya Manusia
Menurut T. Hani
Handoko, perencanaan sumber daya manusia merupakan serangkaian kegiatan yang
dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada
organisasi di waktu yang akan dating dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan
tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut.
Perencanaan SDM ini
memungkinkan organisasi untuk :
·
Memperbaiki pengunaan SDM
·
Memadukan kegiatan-kegiatan
personalia dan tujuan-tujuan organisasi di waktu yang akan dating secara
efisien
·
Melakukan pengadaan karyawan baru
secara ekonomis
·
Mengembangkan informasi dasar
manajemen personalia
·
Membantu program penarikan dari
pasar tenaga kerja
·
Mengkoordinasi program-program
manajemen personalia
c.
Penarikan SDM
Penarikan
(recruitmen)adalah proses pencarian dan pemikatan para calon karyawan (pelamar)
yang mampu untuk melamar sebagai karyawan.
d.
Proses Seleksi
Proses seleksi
adalah serangkaian langkah kegiatan yang digunakan untuk penerimaan tenaga kerja.
e.
Latihan dan Pengembangan
Latihan dan
pengembangan sangat berguna bagi karyawan untuk menghindarkan dari keusangan
dan melaksanakan pekerjaan dengan lebih baik.
f.
Perencanaan Karir
Manfaat perencanaan
karir:
§ Mengembangkan
para karyawan yang dapat dipromosikan
§ Menurunkan
perputaran karyawan
§ Mengungkap
potensi karyawan
§ Mendorong
pertumbuhan
§ Mengurangi
penimbunan
§ Memuaskan
kebutuhan karyawan
§ Membantu
pelaksanaan rencana rencana kegiatan yang telah disetujui
g.
Penilaian Prestasi Kerja
Penilaian prestasi
kerja adalah proses organisasi-organisasi mengevaluasi atau menilai prestasi
kerja karyawan. Fungsi penilaian prestasi kerja diantaranya untuk kebutuhan
hal-hal berikut:
ª Perbaikan
prestasi kerja
ª Penyesuaian
kompensasi
ª Keputusan
penempatan
ª Kebutuhan
latihan dan pengembangan
ª Perencanaan
dan pengembangan karir
ª Mengetahui
penyimpangan proses staffing
ª Menguji
keakuratan informasi
ª Menguji
kesalahan desain pekerjaan
ª Menjamin
kesempatan kerja yang adil
ª Mengetahui
tantangan eksternal
h.
Pemberian Kompensasi
Kompensasi adalah
segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar